Mobil ternyaman untuk keluarga

Friday, 18 September 2020

Jenis koneksi & seting timing BOSCHPUMP (set timing injection perkins & mitsubishi)

  


  Boschpump merupakan bagian dari sebuah mesin, tanpa sebuah boschpump tidak mungkin mesin bisa hidup dan beroperasi sesuai fungsinya. Boschpump bertugas menyuplai bahan bakar ke dalam ruang kompresi berupa butiran halus menyerupai kabut hasil dari desakan bertekanan tinggi antara flunger dan nozzle yang bekisar antara 120 psi sampai 280 psi sebagai salah satu unsur terjadinya pembakaran didalam ruang kompresi. Boschpump disebut juga pompa injeksi dan ada berbagai macam jenis dan type boschpump yang dipakai di mesin seuai type dan karakter mesin namun pada uraian yang akan kita bahas bukan type dan jenis dari boschpump melainkan segi koneksinya antara boschpump dengan mesin serta penyetelan timing dari injeksinya.

  • Boschpump couple timing gear

Pada boschpump sistem ini koneksi antara boschpump dengan mesin terkoneksi dengan menggunakan couple yang terdiri dari 2 bagian lempengan plat dimana yang satu sisi terikat ke bagian flange yang menempel di as yang terhubung ke timing gear dan yang satu menempel pada fly wheel boschpump.


Untuk penyetelan timing pada boschpump ini lebih mudah karena sisi bagian untuk merubah timing injeksi berada di luar kita tinggal melonggarkan baud pada kopelan dan menyingkron kan antara mark timing diflywheel mesin sesuaikan derajat yang diinginkan dengan dengan mark timing yang ada di flywheel boschpump. 


   Untuk sedikit membantu, langkah langkah penyetelan timing dari boschpumpnya dengan koneksi couple bisa dilihat pada video di bawah ini 


  • Boschpump direct gear 

Pada boschpump ini mengusung sistem koneksi dengan cara langsung boschpump tersambung ke timing gear tanpa perantara couple, lebih simple dan praktis dan tidak berisik seperti yang menggunakan couple

Untuk penyetelan timing injeksi pada sistem ini agak sedikit ribet tapi tidak susah hal ini karena sisi bagian untuk merubah timing langsung di gear yang berada di dalam mesin yaitu didan kita harus membuka deksel bagian main gear mesin. 

   Adapun caranya sebagai langkah pertama kita buka dulu 4 buah baud safety dari gigi seperti gambar di atas untuk baud tengah jangan di buka karena itu baud flanges sebagai dudukan gigi selanjut tinggal melepas gigi kemudian menempatkan timing pembakaran yang dinginkan dengan acuan garis timing diflywheel kemudian menyingkronkannya dengan brushtop pada boschpump dan keluaran minyak pada cover delivery juga jangan sampai lupa valve in & ex harus sesuai dengan top di flywheel untuk sedikit membantu dalam langkah penyetelan boschpump pada sistem koneksi ini bisa di lihat pada video di bawah ini. Semoga oga bermanfaat mohon maaf bila ada kekurangan. 







 


 



No comments:

Post a Comment

Popular Post