Mesin penggerak utama disebut juga mesin induk atau bahasa maritimnya Main engine benda ini yang menggerakan sebuah kapal dalam operasinya membawa muatan dari pelabuhan ke pelabuhan Port to Port baik barang padat, cairan, gas maupun manusia. Mesin penggerak utama dalam kemaritiman diutamakan dari jenis mesin diesel( 2 tak dan 4 tak) untuk aplikasi mesin penggerak utama dalam hal fungsinya nanti kita akan ulas di blog selanjutnya.
Baikllah kali ini kita akan mengulas beberapa hal penting dari mesin penggerak utama sebuah kapal baik dari segi menghidupkan mesin penggerak utama ini dan sedikit cara yang penulis ketahui untuk mengatasi masalah apabila mesin penggerak utama ini mengalami kesulitan dalam startin awal.
Okay kita lanjut ke TKP...seperti anda ketahui karena sudah banyak saluran yang membahas baik gambar, blog dan video tentang mesin penggerak utama sebuah kapal tentunya memiliki bobot tenaga yang besar bentuk yang besar alias SEPECIAL BIG MARINE ENGINE nah pertanyaannya menggunakan apa mesin penggerak utama ini dihidupkannya...? Jawabannya untuk mesin penggerak utama diatas kapal yang berukuran 500 hp ke atas dengan jenis marine engine, baik itu diesel 4-tak maupun 2-tak di hidupkan/di start dengan menggunakan kekuatan tenaga angin, yang di hasilkan oleh sebuah alat yaitu air compressor dan ditampung di bejana udara (air reservoir/botol angin). Tekanan kerja untuk udara start ini dimulai dari tekanan 25 ~ 30 bar untuk bentuk botol angin mungkin bentuk dan ukurannya sesuai dengan besar kecilnya dari mesin penggerak utama kapal tersebut salah satunya seprti gambar di bawah ini
Gambar diatas merupakan sistematis rangkaian dari sebuah kompresor dalam fungsinya menghasilkan angin dan menyalurkannya lewat pipa ke botol angin sebagai penampungan yang untuk berbagai keperluan yang salah satunya untuk starting motor induk dengan cara menyalurkan angin dari botol angin ke elemen mesin bagian start Bagian bagian utama dari elemen udara start dan fungsinya masing masing adalah sebagai berikut :
Prinsip kerjanya untuk start engine pada saat kapal berangkat maupun saat olah gerak, dilaksanakan sebagai berikut :
Kesimpulan :
Untuk membuka air starting valve menggunakan udara reduksi yang mengatur distributor valve Setelah air starting valve terbuka, maka udara start dengan tekanan sesuai pada tekanan kerja dibotol angin masuk silinder mesin melalui air starting valve yang terbuka untuk mendorong piston kebawah (TMB), sehingga mesin dapat dijalankan (Start).
Keterangan Gambar :
1. Handle pengatur rack bahan bakar untuk menambah maupun mengurangi sekaligus fungsi ganda sebagai bagian untuk mematikan mesin penggerak utama
2. Handle pembuka angin untuk merubah posisi crankshat ke bagian maju atau mundur
3. Handle start mesin penggerak utama pembagi angin ke distributor dan starting valve handle ini lah yang bisa di bilang sebagai kunci kontaknya mesin penggerak utama yang menggunakan angin untuk start
PROBLEM STARTING MESIN PENGGERAK UTAMA
Dalam beberapa situasi dan kondisi terkadang mesin penggerak utama sering terjadi kegagalan dalam start baik itu susah untuk hidup maupun poros mesin tidak mau berputar sama sekali dalam satu kali start dan hal ini membuat boros angin dan tentunya menjadi sebuah fenomena apabila kapal larat yg situasi urgent atau pada saat kapal sandar di dermaga yang memerlukan banyak start/stop engine disini saya skedar berbagi pengalaman ada beberapa faktor yang harus kita teliti dan mungkin harus segera dilakukan penanganan diantaranya sebagai berikut
Untuk lebih jelas bisa dilihat proses starting MESIN PENGGERAK UTAMA dalam video di bawah ini prosesnya sederhana dan tidak rumit mudah mudah bisa jadi gambaran untuk agan agan masinis baru yang mau on board.. Salam sukses semua...
Baikllah kali ini kita akan mengulas beberapa hal penting dari mesin penggerak utama sebuah kapal baik dari segi menghidupkan mesin penggerak utama ini dan sedikit cara yang penulis ketahui untuk mengatasi masalah apabila mesin penggerak utama ini mengalami kesulitan dalam startin awal.
Okay kita lanjut ke TKP...seperti anda ketahui karena sudah banyak saluran yang membahas baik gambar, blog dan video tentang mesin penggerak utama sebuah kapal tentunya memiliki bobot tenaga yang besar bentuk yang besar alias SEPECIAL BIG MARINE ENGINE nah pertanyaannya menggunakan apa mesin penggerak utama ini dihidupkannya...? Jawabannya untuk mesin penggerak utama diatas kapal yang berukuran 500 hp ke atas dengan jenis marine engine, baik itu diesel 4-tak maupun 2-tak di hidupkan/di start dengan menggunakan kekuatan tenaga angin, yang di hasilkan oleh sebuah alat yaitu air compressor dan ditampung di bejana udara (air reservoir/botol angin). Tekanan kerja untuk udara start ini dimulai dari tekanan 25 ~ 30 bar untuk bentuk botol angin mungkin bentuk dan ukurannya sesuai dengan besar kecilnya dari mesin penggerak utama kapal tersebut salah satunya seprti gambar di bawah ini
Mekanisme kerja air compressor |
Gambar diatas merupakan sistematis rangkaian dari sebuah kompresor dalam fungsinya menghasilkan angin dan menyalurkannya lewat pipa ke botol angin sebagai penampungan yang untuk berbagai keperluan yang salah satunya untuk starting motor induk dengan cara menyalurkan angin dari botol angin ke elemen mesin bagian start Bagian bagian utama dari elemen udara start dan fungsinya masing masing adalah sebagai berikut :
- Kompresor yang berfungsi sebagai penghasil angin
- Botol angin (air reservoir) berfungsi sebagai tabung pengumpul udara.
- Main starting valve berfungsi sebagai katup penyalur untuk pembagi ke masing masing starting valve cylinder head mesin penggerak utama dan penyalur udara untuk start.
- Distributor valve berfungsi sebagai pembagi pada katup udara start (air starting valve) yang bekerja menggunakan plunger.
- Air starting valve berfungsi sebagai katup supply udara di cylinder head untuk menggerakkan piston kebawah pada saat langkah expansi (diesel 4-tak maupun 2-tak)
Prinsip kerjanya untuk start engine pada saat kapal berangkat maupun saat olah gerak, dilaksanakan sebagai berikut :
- Pastikan tekanan udara di botol angin mencukupi, tekanan angin di botol angin minimal 17 kg/cm2 (17 bar) karena bila tekanan udara dibawahnya, maka udara tersebut tidak mampu menekan piston kebawah alhasil crankshaft tidak bisa melakukan putaran awal otomatis mesin gagal start.
- Main valve di bejana udara dibuka penuh, maka udara didalam botol angin yang bertekanan tinggi akan keluar ke main starting valve. Setelah udara tersebut direduksi tekanannya hingga ± 10 bar
- Posisikan handle pengaturan rack bahan bakar/rpm berada di poin mesin mudah hidup sekitar rack 5 atau 7
- Tekan handle start di mesin penggerak utama sesuai dengan jenis mesinnya karena tiap merk pasti elemen berbeda, maka udara akan keluar dari system sebagian masuk dulu ke distributor valve dan sebagian lagi ke cylinder head air starting valve. Udara start ini diatur oleh distributor valve dengan tekanan 10 bar dimana yang bekerja pada proses expansi (hanya ada 1 silinder yang bekerja) melalui plunger yang dihubungkan dengan firing order misal motor diesel 4-tak adalah : 1 5 3 6 2 4. Distributor valve mengatur plunger yang bekerja dan udara ini langsung menggerakkan piston melalui air starting valve di cylinder head. Udara supply ini diperoleh dari bejana udara, Jika udara tersebut bekerja dengan parallel, disamping mengatur ke distributor valve sekaligus untuk udara start mendorong piston kebawah pada tekanan minimal 7 bar sesuai tekanan dalam botol angin.
Kesimpulan :
Untuk membuka air starting valve menggunakan udara reduksi yang mengatur distributor valve Setelah air starting valve terbuka, maka udara start dengan tekanan sesuai pada tekanan kerja dibotol angin masuk silinder mesin melalui air starting valve yang terbuka untuk mendorong piston kebawah (TMB), sehingga mesin dapat dijalankan (Start).
Keterangan Gambar :
1. Handle pengatur rack bahan bakar untuk menambah maupun mengurangi sekaligus fungsi ganda sebagai bagian untuk mematikan mesin penggerak utama
2. Handle pembuka angin untuk merubah posisi crankshat ke bagian maju atau mundur
3. Handle start mesin penggerak utama pembagi angin ke distributor dan starting valve handle ini lah yang bisa di bilang sebagai kunci kontaknya mesin penggerak utama yang menggunakan angin untuk start
PROBLEM STARTING MESIN PENGGERAK UTAMA
Dalam beberapa situasi dan kondisi terkadang mesin penggerak utama sering terjadi kegagalan dalam start baik itu susah untuk hidup maupun poros mesin tidak mau berputar sama sekali dalam satu kali start dan hal ini membuat boros angin dan tentunya menjadi sebuah fenomena apabila kapal larat yg situasi urgent atau pada saat kapal sandar di dermaga yang memerlukan banyak start/stop engine disini saya skedar berbagi pengalaman ada beberapa faktor yang harus kita teliti dan mungkin harus segera dilakukan penanganan diantaranya sebagai berikut
- Human eror, hal ini sering jg mempengaruhi kegagalan start karena mungkin gugup sehingga terburu buru menutup angin atau lupa menaikan rek bahan bakar sehingga penyemprotan bahan bakar kurang maksimal untuk start awal mesin penggerak utama biasanya terjadi pada masinis baru yang masih belum beradaptasi.
- Botol angin jarang dicerat, volume angin di dalam botol bisa berkurang sehingga tekanan output tidak optimal untuk starting dikarenakan didalam botol itu sendiri terlalu banyak pengendapan angin yang berubah jadi air untuk itu setiap pengisian angin harus sering di cerat lewat flug bolt botol
- Membran valve starting sobek atau sudah lemah sehingga pembagian angin tidak merata sesuai kebutuhan masing masing elemen starting dari mesin penggerak utama
- Distributor valve macet atou sudah aus, hal ini kerap kali tidak disadari bahkan beberapa masinis kapal yang kurang ahli/atau masinis yang baru tidak mengetahuinya penanganannya buka ke enam(misal mesin 6 cyill 2 atau 4 tak sama) cover bolt distributor kemudian keluarkan piston vent distributornya hati-hati perhatikan urutannya untuk pemasangan kembali, cek keausan piston dan bushing, kalo kondisi masih oke cukup lumasi grease dan pasang kembali.
- Starting valve bocor,cabut dan skur antara valve dengan housingnya (seprti skur klep in/out mesin) cek kekuatan spring close valve bila lemah ganti, cek balance piston dan operating piston bila sudah aus ganti baru bila semua bagus pasang kembali dalam pemasangan jangan sampai ada kebocoran dari niple akibat washer yang jelek.
- Valve exhaust bocor shingga pemampatan angin tidak maksimal untuk menekan piston bergerak
- Kompresi mesin penggerak utama lemah akibat salah satunya dari elemen piston sudah aus
Untuk lebih jelas bisa dilihat proses starting MESIN PENGGERAK UTAMA dalam video di bawah ini prosesnya sederhana dan tidak rumit mudah mudah bisa jadi gambaran untuk agan agan masinis baru yang mau on board.. Salam sukses semua...
Mantab infonya , bas.
ReplyDeleteSalam Engineer
ReplyDeleteTrimakasih atas penjelasannya bass
ReplyDelete