Mobil ternyaman untuk keluarga

Sunday, 20 May 2018

Cara test injection pump mesin diesel (Main engine Kapal)


Berbagai cara bisa di lakukan untuk mengatasi mesin induk yang kurang daya dorong bahkan mengalami overheat di RPm yang masih dibawah standar untuk mencapai speed yang nominal untuk sebuah kapal.

Terkadang kita melupakan satu hal yang sering terlewatkan untuk dilakukan pengetesan apakah itu masih layak untuk digunakan atau kurang normal bahkan tidak layak sama sekali untuk dipakai.

Pada mesin induk kapal dengan GT besar dengan mesin HP besar jarang sekali bahkan mungkin tidak pernah dilakukan check tekanan yakni pada bagian injection pump, hal ini mungkin di anggap tidak perlu dan juga mungkin ketersedian dari alat itu sendiri tidak ada diatas kapal, paling pengetesan hanya dilakukan pada injector saja.

Padahal pengetesan di bagian injection pump ini sangat penting sekali sebab seandainya nozzle mesin tersebut bagus,  dalam pengabutannya sempurna bila dilakukan dengan Test pump namun apabila sudah terpasang di cylinder jika flunger dari  injection pump jelek maka otomatis nozle tidak bisa menjadi pengabut yang sempurna.

Untuk injection pump mesin induk karena berbeda dengan mesin diesel biasanya, karena mesin besar memerlukan pasokan BBM dalam volume yang banyak maka flunger juga bentuknya besar untuk bisa mempompa minyak dalam volume yang besar maka mesin induk di rancang dengan sistem injection pump tunggal dan dipasang per cyillindre. Untuk instalasinya langsung di hubungkan dengan campshaft bagian dari cyillindre tersebut 


INJECTION Pump Main Engine
Untuk pengetesan pressure tidak susah bisa di buat alat sederhana, seandainya tidak ada alat khusus yang bisa digunakan. walaupun sederhana tetap akurat asal bagian niple conection antara injection pump dan pipa pressure gauge tidak bocor sewaktu pengetesan di lakukan. Seperti ini lah alat yang saya buat secara sederhana.

Pressure gauge
INJECTION Pump 
Dengan alat sederhana ini saya bisa mengetahui berapa tekanan maksimal dari sebuah injection pump, apakah masih mampu atau tidak mampu  mensuply/memberikan tekanan untuk membuka celah jarum nozle secara tepat dan menimbulkan pengabutan yang sempurna. Seperti pada beberapa kejadian yang saya  alami ada 1 cyillindre dari 6 cyillindre yang mempunyai temperatur gas buang rendah dan agak susah untuk sama dengan yang lainnya padahal kondisi dari liner, piston, ring piston dan valve intaxe/exhaust kondisi baik termasuk nozle di test dengan Test pump bisa ngabut dengan sempurna dengan tekanan 260 kgf/ cm2. Usut demi usut ternyata setelah dilakukan pengecekan terhadap pressure dari injection pump, si flunger hanya mampu mencapai tekanan di 200 kgf/cm2 masih di bawah setelan tekanan dari injector yakni 260 kgf/cm2. Hal inilah yang menyebabkan pembakaran di cyillindre teesebut lemah karena kurangnya pengabutan dari bahan bakar.

Dalam usaha meningkatkan tenaga dari mesin induk hal spele ini mungkin sangat penting sekali untuk di lakukan karena saya rasa tanpa pengabutan yang sempurna tidak mungkin terjadinya pembakaran yang sempurna di dalam ruang kompresi cyillindre

Untuk lebih jelas bagaimana cara saya melakukan test tekanan dari injection pump dan juga mengatasi masalah lain dari injection pump  bisa di simak di video di bawah ini barangkali berguna untuk saudara enginer yang belim pernah melakukan test injection pump. Terima kasih
 

 




No comments:

Post a Comment

Popular Post